Jadilah Seperti Mawar yang Berduri , yang tidak mudah dipetik sembarang orang

Rabu, 09 Maret 2016

Belajar Mendesain Rumah Dengan Google SketchUp



Hay sobbat blogger , kali ini saya akan memposting mengenai Google SketchUp. ..postingan kali ini berjudul Belajar Mendesain Rumah Dengan Google SketchUp. Akhir-akhir ini saya mulai tertarik dengan mendesain 3D rumah, dan akhirnya saya menemukan sebuah software yang cocok dan mudah untuk saya pelajari.  Yah kalau saya bilang sih software ini ramah lingkungan . ..hehehe
Kunci untuk mempelajari gambar 3 dimensi adalah ketekunan dan kesabaran, tanpa keduanya hasilnya tentu tidak akan maksimal sobb. Setelah mempelajari google sketchup kurang lebih 3 bulan, saya ingin membagikan sedikit pengetahuan yang saya punya, yaa memang saya baru belajar google sketchup dan mungkin hasilnya kurang bagus. ..maklum masih amatair. Awalnya untuk menggambar design rumah tidak segampang kita melihatnya, harus ada detil-detil yang kita perhatikan. Namun kalau sudah terbiasa ya akan terasa mudah.
Langsung saja yaa, belajar sketchup mudah kog . ..tinggal 


Tampilan (interface) Google Sketchup. sangat sederhana dan minimalis. Tapi, kemampuannya bisa diandalkan, tergantung kreativitas Anda sobb J


 Tools untuk membuat desain



Ini Vray SketchUp nya




Buat desain dasar sesuai selera sobat. Saya akan membuat desain rumah persegi panjang (memanjang dari depan ke belakang. Maka, saya membuat empat persegi panjang menggunakan Rectangle. Caranya mudah, clik Rectangle (disamping gambar pensil).
Klik di pertemuan sudut didepan gambar laki-laki yang sedang berdiri, ratik ke belakang dan kesamping, nanti di bagian Measurements akan beruban menjadi Dimension (sebelah kanan bawah) akan ada ukuran sekian meter x sekian meter. Jika ukuran yang diinginkan sudah pas, silahkan berhenti dan klik. Anda akan mendapat satu bentuk persegi panjang berwarna abu-abu.
Untuk mendapat bentuk bundar, silahkan gunakan Circle (gambar lingkaran). Untuk segi tiga dan sembarang, silahkan gunakan Line (gambar pensil).

Untuk membuat bentuk 3D, silahkan klik icon Push/Pull (gambar kubus dengan panah merah keatas).  klik dan tahan (drag and drop) kemudian tarik keatas. Pada kolom Measurements akan berubah menjadi Distance, silahkan berhenti pada ketinggian yang sobat inginkan.
Sampai disini, sobat sudah berhasil membuat satu bentuk gambar tiga dimensi (3D). Sangat mudah, bukan?! Hanya menarik satu kali saja.

Buat runcing dibagian atapnya agar terlihat lebih bagus



Buat persegi kecil dengan Rectangle (simbol persegi)
Sekarang, dorong dinding (kiri) sebelah depan biar agak menjorok kedepan sekitar lima meter.


Beri efek warna kayu dengan Paint Bucket




Lalu desain balkon dengan cara yang sama seperti diatas 


Buat persegi di sisi kanan atas =>  dorong kedalam => buat pintu, lampu => dan buat dinding dengan Paint Bucket (stone) => beri kaca , agar terkesan mewah 




Gambar detail

=> Gambar desain rumah dari samping


=> Gambar desain rumah dari depan




=> Gambar desain rumah dari atas


=> desain dengan warna yang berbeda


 => Agar terkesan lebih hidup dan asri beri rumput hijau di bawah balkon




=> Nah sudah jadi rumah sederhanannya, walaupun masih terlihat kurang sempurna . ...yaa harap maklum baru belajar tentang Google SketchUp :-)




=> Nah semoga bermanfaat bagi pembaca semua , terimakasih sudah mengunjungi blog saya 
Share:

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

It's Me

Calender

Blogger templates