Jadilah Seperti Mawar yang Berduri , yang tidak mudah dipetik sembarang orang

Sabtu, 14 November 2015

Tutorial WPAP dengan CorelDRAW



Hello sobat blogger kali ini saya ingin berbagi tutorial membuat WPAP. Sebelum kita membahas tutorialnya, saya ingin mengulas tentang apa itu WPAP dan sejarahnya dulu.

WPAP merupakan singkatan dari Wedha's Pop Art Potrait adalah gaya seni pop art yang dipopulerkan oleh Wedha Abdul Rasyid yang sekaligus pembuat aliran ini. WPAP dahulu bernama FMB ( Foto Marak Berkotak ). Secara teknik, WPAP mempunyai ciri khas tertentu dalam penggambaran objek, dimana dalam WPAP anda akan menemukan bidang berkotak-kotak dan penuh dengan warna-warni antar bidang tanpa menghilangkan karakter objek atau model yang digambar. Dalam WPAP anda pasti tidak akan menemukan bidang-bidang lengkung sebab itulah WPAP mempunyai ciri khas tertentu yang membuat WPAP mempunyai keunikan tersendiri dalam segi teknik pembuatan.

Sejarah
Mungkin bagi anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Desain Pop Art. Pop Art adalah seni visual yang dipengaruhi oleh gambar seta teknik dalam dunia periklanan pada abad ke 20, biasanya mengenai sifat konsumtif dan kultur pop pada masa itu. Seiring perkembangan jaman Pop Art berubah menjadi sebuah cabang seni visual yang memiliki ciri khas dan unik.

Pop Art sendiri lahir di Inggris dan juga Amerika pada tahun 1950-an yang di populerkan oleh Lawrence Alloway seorang Kurator sekaligus kritikus dari Inggris. Nama pop art itu sendiri berasal dari kata Popular Mas Cultur namun orang lebih mengenalnya dengan sebutan Pop Art.
Salah satu tokoh Pop Art yang cukup terkenal adalah Roy Lichtenstein, dari enam puluhan lukisan komik-stripnya. Gadis tenggelam tahun 1963, adalah salah satu karyanya lebih dikenal dan merupakan contoh yang baik dari fitur desain dalam potongan yang paling terkenal. Perhatikan garis tebal, warna-warna berani, dan gelembung pikiran.

Langsung saja saya bawa pada tutorialnya guys.



Disini Saya menggunakan corel draw yang versi x4, yang perlu diketahui tak perlu harus menggunakan corel yang versi x4 untuk membuat WPAP. Versi berapapun bisa digunakan untuk sekedar membuat WPAP
Sampel yang saya gunakan disini foto saya sendiri

1.      Langkah yang pertama buka program coreldraw anda dan ambil gambar yang anda inginkan untuk dibuat WPAP.
Dengan cara Klik File Import – arahkan pada folder yg di kehendaki, pilih gambar – Import


2. Langkah yang kedua pilih tool pada sebelah kiri anda freehand tool dan buat ukuran line menjadi hairline




3.      Jika sudah gunakan freehand tool dengan cara klik pada bagian yang sekiranya sama (buat tanda garis hingga saling menyatu sesuai dengan pola wajah dan sesuai pola warnanya) sebagai contoh bisa dilihat sekilas pada gambar dibawah ini




4.      Kalou sudah diberi garis semua, Biar lebih mirip dan mempunyai nilai seni, beri warna dengan tool smart fill tool (komposisi warnanya boleh sesuai selera sobat)
                                                                                                                                     


5.     Jika sudah selesai di desain dan diberi warna semua hasilnya akan seperti dibawah ini... :)






Mungkin tutorial dan desain ini kurang sempurna, karena saya juga baru belajar membuat WPAP tadi malam. Nah bagi sobat blogger yang tertarik dapat mempraktekkan sendiri tutorial WPAP ini. 



"SEMOGA BERMANFAAT SOBATT "



Share:

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

It's Me

Calender

Blogger templates