Jadilah Seperti Mawar yang Berduri , yang tidak mudah dipetik sembarang orang

Kamis, 11 Juni 2015

Getuk Singkong Khas Jawa Tengah Yang Enak

Hayy Sobat blogger , kali ini saya akan posting tentang makanan khas Jawa Tengah yaitu Getuk. Banyak makanan yang berbahan dasar singkong namun getuk tidak kalah enak dengan makanan lainya yang berbahan dasar singkong. Getuk terbuat dari bahan dasar singkong yang direbus kemudian dihaluskan lalu dicampur dengan garam dan gula pasir. Getuk
biasanya disajikan dengan tabutan kelapa parut sehingga menjadikan makanan khas yang semakin enak dan gurih. getuk banyak dijumpai didaerah jawa terutama Jawa Tengah. Namun sekarang getuk dapat dijumpai dimana-mana bahkan mungkin sampai diseluruh wilayan Indonesia terdapat makanan ini. Selain rasanya yang khas, enak dan gurih Getuk juga sangat baik untuk kesehatan , karena getuk sendiri terbuat dari bahan dasar singkong yang dapat menurunkan penyakit stroke, jantung, kanker usus besar serta membantu mengendalikan diabetes. Selain itu singkong juga mengandung vitamin K yang berfungsi dalam membangun masa tulang.





Bagi sobat yang ingin merasakan makanan khas Jawa Tengah ini sobat dapat menjumpainya di pasar, karena getuk termasuk jajanan pasar yang banyak diminati masyrakat di berbagai kalangan baik orang tua maupun anak-anak. Namun sobat juga dapat membuatnya sendiri dirumah karena saya akan berbagi cara pembuatan getuk khas Jawa Tengah ini , mudah kok sobb.

Bahan-bahan untuk membuat getuk singkong khas jawa tengah :
-1 kg Singkong, Cuci samapi bersih
-1 buah Kelapa, kemudian anda parut dan kukus
-200 gram Gula Pasir/Gula Jawa (sesuaikan kebutuhan)
-Garam Secukupnya
-Vanilli Secukupnya
-Pewarna Makanan , sesuai selera (jika menginginkan getuk berwarna putih maka sebaiknya sobat memakai gula pasir, untuk getuk berwarna merah sebaiknya gunakan gula merah/gula jawa, dan jika sobat menginginkan warna hijau alami, disarankan menggunakan perasan dari daun suji)

Cara membuat getuk singkong khas jawa tengah :
1.  Pertama kupas kulit singkong dan potong-potong , cuci sampai bersih
Kemudian rebus singkongnya hingga matang dan empuk , lalu anda angin-anginkan sampai uapnya menghilang.
2. Selanjutnya anda campurkan singkongnya dengan garam, gula dan vanilli kemudian anda hancurkan sampai lumat.
3.Tambahkan sedikit pewarna jika perlu sesuai selera
4. Taburankan parutan kelapa.
Selesai , tinggal di sajikan

Selesai sudah cara pembuatan getuk khas Jawa Tengah ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat sobat :)


Share:

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

It's Me

Calender

Blogger templates